AI Educational Kit: Solusi Cepat Implementasi Teknologi AI dalam Dunia Pendidikan

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape

Terpilihnya Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di era kepemimpinan Presiden Jokowi yang ke-2 seolah membawa angin segar dan harapan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Meski keputusan itu terkesan out of the box karena Nadiem belum pernah berkecimpung dalam dunia pendidikan sama sekali, namun latar belakang serta sepak terjangnya dalam menjalankan bisnis semi rintisan (startup) Gojek dan sukses menjadikannya decacorn dengan asset yang fantantis, membuat ia dinilai akan mampu membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan Indonesia ke arah technology-oriented seiring dengan diluncurkannya roadmap ‘Making Indonesia 4.0’, suatu kebijakan pemerintah sebagai strategi jitu untuk menghadapi industri 4.0.

Seperti baru-baru ini, dalam acara Google for Indonesia di Jakarta selang beberapa hari pasca ia diangkat sebagai menteri, Nadiem meminta agar Google lebih banyak melatih pemuda Indonesia agar handal di bidang machine learning dan artificial intelligence (AI) sebab pemerintah sudah berkomitmen 100 persen untuk mendukung dalam mengembangkan potensi dan talenta digital masyarakat Indonesia yang memang masih didominasi usia produktif. Dengan jumlah usia produktif yang dominan ini, Indonesia akan mengalami dua kemungkinan yang kontradiktif; satu sisi hal tersebut akan membawa keuntungan jika mereka diberdayakan menjadi SDM unggul yang tidak hanya siap menghadapi industri 4.0, namun juga mampu bersaing di kancah global karena telah dibekali dengan kompetensi atau keahlian yang mumpuni. Sementara di sisi lain, membludaknya angka usia produktif ini tentu hanya akan menjadi bencana demografi saja bagi Indonesia jika mereka tidak dipersiapkan menjadi SDM unggul. Jangan sampai mereka hanya menjadi penonton dalam panggung industri 4.0, lebih dari itu mereka harus jadi inisiator atau pelopor dalam inovasi teknologi-teknologi yang saat ini menjadi pilar industri 4.0.

Berbicara mengenai pemberdayaan SDM unggul dalam hal inovasi teknologi AI, Indonesia masih terkendala beberapa faktor untuk dapat mengimplementasikannya; misalnya terbentur masalah birokrasi yang rumit serta kesiapan dan optimisme dari sumber daya manusianya itu sendiri. Sebab sasaran dari pengembangan SDM unggul ini tidak akan jauh dari pelajar sekolah kejuruan, mahasiswa politeknik atau universitas yang memerlukan keahlian lain yang tidak diperoleh dari bangku sekolah maupun kuliah. Pun jika harus merombak kurikulum pembelajaran rasanya tidak semudah membalikkan telapak tangan meski masih memungkinkan untuk dilakukan.

Oleh karena itu, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan kerja sama dengan dunia industri. Kerja sama ini dalam rangka membangun link and match dengan melibatkan industri sebagai silver expert. Tujuan utamanya menyiapkan generasi muda di bangku sekolah dan perguruan tinggi agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri sekaligus memperbaiki program mobilitas tenaga kerja global dengan memanfaatkan ketersediaan SDM dalam mempercepat transfer kemampuan.

Jika demikian kebutuhannya, AI Educational Kit adalah solusi yang tepat dan cepat bagi semua instansi baik pemerintah, institusi pendidikan, maupun industri lainnya dalam mengimplementasikan teknologi pilar utama industri 4.0, yaitu AI. AI Educational Kit adalah program khusus yang terdiri dari rangkaian pelatihan atau workshop dengan konten materi mengenai AI Vision. Kurikulum pelatihannya yang komprehensif disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri saat ini. AI Educational Kit memberi kesempatan kepada setiap institusi pendidikan untuk mengimplementasikan teknologi AI Vision sehingga tujuan pemerintah untuk mempercepat transfer kemampuan tanpa perlu repot-repot melakukan revitalisasi kurikulum pendidikan dan pembelajaran.

Dengan AI Educational Kit, para siswa dapat mempelajari teknologi AI Vision secara mendalam dan komprehensif, cepat dan tepat. AI Educational Kit berisi materi pelatihan AI Vision yang komprehensif sehingga para siswa tidak hanya memahami dari sisi teori saja, namun dapat langsung memahami implementasi AI Vision kedalam berbagai aplikasi di dunia industri. Pelatihannya pun disediakan tidak hanya untuk siswa, namun diperuntukkan juga bagi guru maupun corporates yang ingin menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang AI Vision.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *